FREQUENTLY ASKED
QUESTION

Apa langkah untuk menjadi pilot?

Ada berbagai cara untuk menjadi pilot di maskapai penerbangan. Namun, cara yang paling umum adalah untuk memulai dengan tes PPL (Private Pilot License). Kemudian, menjalani tes CPL (Commercial Pilot License) dan IFR (Instrument Flight Rules). Di sebagian besar negara, untuk mendapatkan lisensi ATPL (Airline Transport Pilot License) yang dapat langsung berlaku (unfrozen), seorang pilot harus memiliki minimal 1.500 jam pengalaman menerbangkan pesawat.

Apa itu PPL?

PPL adalah singkatan dari Private Pilot License dan di sebagian besar negara, pemegang lisensi ini diperbolehkan untuk mengoperasikan pesawat terbang (Pilot In Command) khusus untuk kepentingan pribadi.

Apa itu CPL?

CPL adalah singkatan dari Commercial Pilot License dan di sebagian besar negara, pemegang lisensi ini diperbolehkan untuk mengoperasikan pesawat terbang komersial (Pilot In Command).

Apa itu ATPL?

ATPL adalah singkatan dari Airline Transport Pilot License. Pemegang lisensi ATPL diperbolehkan untuk mengoperasikan pesawat terbang multi-crew untuk sebuah maskapai penerbangan.

Apakah yang dimaksud dengan ATPL beku (frozen)?

Artinya, seorang pemegang ATPL beku (frozen) telah menyelesaikan selesai seluruh persyaratan untuk ATPL, kecuali 1.500 jam terbang.

Apa itu IFR?

Pemegang IFR (Instrument Flight Rules) telah membuktikan bahwa ia dapat menavigasi sebuah pesawat dari lokasi A ke B hanya dengan menggunakan instrumen navigasi saja.

Apa itu MER?

Pemegang multiengine rating artinya ia memiliki sertifikasi untuk menerbangkan pesawat multiengine.

Apa itu FAA?

FAA adalah singkatan dari Federal Aviation Administration. Lembaga FAA memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengatur semua aspek penerbangan sipil di Amerika Serikat.

Apa itu CASA?

CASA adalah singkatan dari Civil Aviation Safety Authority. Lembaga ini memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengatur semua aspek penerbangan sipil di Australia.

Apa itu EASA?

EASA adalah singkatan dari European Aviation Safety Agency. Lembaga ini memiliki tanggung jawab dan wewenang untuk mengatur semua aspek penerbangan sipil di Eropa.

Bagaimana dan kapankah saya membutuhkan validasi atau endorsment?

Biasanya, validasi atau endorsement dibutuhkan apabila tes sertifikasi PPL, CPL atau ATPL dilakukan di wilayah yang berbeda dengan wilayah operasi. Sebagai contoh, jika seorang pilot menjalani tes untuk memperoleh lisensinya di Australia, dan kemudian ia ingin mengkonversi lisensi tersebut menjadi lisensi Eropa, maka lisensi tersebut harus disahkan oleh EASA (European Aviation Safety Agency).

FAQ TIDAK MEMECAHKAN MASALAH ANDA?

Berikut adalah beberapa cara untuk menghubungi kami


DAFTAR SEKARANG

Ingin menjadi pilot? Ayo gabung AVIASI 28 untuk mewujudkan impian Anda.


CEK BLOG

Tertarik dengan berita-berita penerbangan, coba cek disini.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan mengenai kami atau segala hal yang berkaitan dengan persiapan untuk masuk sekolah penerbangan, silahkan untuk menghubungi kami.